Pangdam XIII/Merdeka Pimpin Sertijab Pejabat di Lingkungan Kodam XIII/Merdeka

Penulis: YN
Editor: DM

MANADO, faktualnews.com – Panglima Kodam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Candra Wijaya, M.A., memimpin langsung Acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kapoksahli Pangdam XIII/MDK, Danrem 131/STG, Danrem 133/NW, Danrindam, Aspers Kasdam, Kabekangdam, Kakumdam Dan Kapendam serta Tradisi Satuan kodam XIII/Merdeka yang bertempat di Aula Grhadika Jaya Sakti Kodam XIII/Merdeka, Jl. 14 Februari, Teling Atas, Kota Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (04/05/2024).

Adapun kedelapan jabatan yang diserahterimakan tersebut antara lain, Kapoksahli Pangdam XIII/MDK dari Brigjen TNI Patar Sahat Panggabean kepada Brigjen TNI Wakhyono, S.Sos,. M.I.P., Danrem 133/NW dari Brigjen TNI Totok Sulistiyono, S.H., M.M., M.I.P., kepada Brigjen TNI Hari Pahlawantoro, S.Sos., Danrem 131/STG dari Brigjen TNI Wakhyono, S.Sos,. M.I.P., kepada Kolonel Inf Martin Susilo Martopo Turnip, S.H., M.H., Danrindam XIII/MDK dari Kolonel Inf Endra Saputra Kusuma Z.R.,S.E., kepada Kolonel Inf Achmad Marsuki,S,H,.M.SI., Aspers Kasdam XIII/MDK dari Kolonel Arh Yulin Iskandar, S.I.P., M.M., kepada Kolonel Arh Ardian Patria Chandra, M.sc., MBA., Kabekangdam XIII/MDK dari Kolonel Cba Dian Bagas Priyo Irianto kepada Kolonel Cba Kiki Abdulrahman, Kakumdam XIII/MDK dari Kolonel Chk Syaiful Nursaid, S.H,. M.H., kepada Letkol Chk Chandra Matdung Wira P., S.H., Kapendam XIII/MDK dari Kolonel Kav Mujahidin, S,Sos., kepada Kolonel Inf Daniel Edgar Syaloom.

Selanjutnya perlu diketahui bahwa Pejabat baru Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Hari Pahlawantoro, S.Sos ini lulusan Akademi Militer Tahun 1992 yang berasal dari kecabangan Korps Zeni yang juga

putra daerah Jawa Timur, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pengadaan Angkatan Darat Mabesad.

Prosesi Upacara Sertijab delapan Pejabat Kodam XIII/Merdeka ditandai dengan penyerahan tanda jabatan dan Tongkat Komando serta Tunggul Korem 133/NW oleh Pangdam XIII/MDK kepada pejabat baru Brigjen TNI Hari Pahlawantoro, S.Sos., bersamaan Sertijab Danrem 131/STG tersebut, juga dilaksanakan acara Sertijab Kapoksahli Pangdam XIII/MDK Disamping itu ada 5 Perwira menengah lainnya yang ikut melaksankan Sertijab di Kodam XIII/MDK.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya, M.A., dalam amanatnya menyampaikan pergantian jabatan di lingkungan Angkatan Darat, termasuk di Kodam XIII/Merdeka adalah hal yang biasa dan akan terus berlanjut, karena terkait dengan upaya regenerasi dan kesinambungan pembinaan personel.

Pergantian pejabat tidak boleh dimaknai hanya sebagai pergantian personel semata, melainkan harus disertai dengan semangat pembaruan dan penyegaran untuk peningkatan peran organisasi di lingkungan Kodam XIII/Merdeka.

Menurut Candra Wijaya, jabatan merupakan amanah dan setiap amanah harus dapat dipertanggungjawabkan, tidak hanya kepada pimpinan dan Satuan, tetapi juga harus dipertanggungjawabkan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa.

Selanjutnya, Candra Wijaya juga mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang tulus kepada Brigjen TNI Totok Sulistiyono, S.H., M.M., M.I.P., Brigjen TNI Patar Sahat Panggabean, Brigjen TNI Wakhyono, S.Sos,. M.I.P., Kolonel Inf Endra Saputra Kusuma Z.R.,S.E., Kolonel Arh Yulin Iskandar, S.I.P., M.M. Kolonel Cba Dian Bagas Priyo Irianto, Kolonel Chk Syaiful Nursaid, S.H,. M.H., Kolonel Kav Mujahidin, S,Sos., atas dedikasi dan pengabdian yang diberikan selama bertugas di Kodam XIII/Merdeka. “Jadikan pengalaman tugas tersebut sebagai bekal untuk terus berkarya serta berkreasi dalam meningkatkan pengabdian di tempat tugas yang baru,” ujarnya.

Secara khusus, Candra Wijaya menyampaikan penghargaan kepada para istri yang telah memerankan tugasnya sebagai pendamping suami dengan baik, serta memimpin kepengurusan Persit di tempat suami bertugas secara paripurna. “Peran para istri sangatlah penting dalam memelihara moril dan semangat sehingga mendorong suami untuk meraih keberhasilan dalam pelaksanaan tugas dimanapun berada,” tandasnya.

Turut hadir dalam acara Sertijab tersebut Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, Para Asisten dan Kabalakdam XIII/Mdk, Para Kasi Jajaran Korem 131/STG, Para Dandim Jajaran Korem 131/STG, Para Dandim Jajaran Korem 133/NW dan Para Pengurus Persit KCK PD XIII/MDK.

Sumber: Penrem 133/nw

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: faktualnewsred@gmail.com