Memahami Perilaku Bullying dengan Pendekatan Psikologi Tasawuf

Oplus_131072

Memahami Perilaku Bullying dengan Pendekatan Psikologi Tasawuf

Oleh : Cahyo Chondro Nusantoro dan Muhammad Ghally Fi Zilailhaq )*

Bullying
Bullying adalah perilaku agresif yang dilakukan secara sengaja dan berulang kali oleh seseorang atau sekelompok orang terhadap individu lain yang dianggap lebih lemah atau tidak mampu membela diri.

Tindakan bullying bertujuan untuk menyakiti, mengintimidasi, atau mendominasi korban, dan bisa terjadi dalam berbagai bentuk verbal, fisik, emosional, cyber, seksual, rasial, dan pengucilan. (menurut Wolke & Lereya, 2015) Bullying merupakan suatu tindakan seseorang atau sekelompok orang yang menyebabkan orang lain merasa teraniaya, terintimidasi, ketakutan, dan korban tidak berdaya untuk mencegah perilaku
tersebut

Mengapa Bullying terjadi dan dampaknya Bullying merupakan suatu fenomena sosial yang tidak pernah lekang oleh waktu. Bullying memiliki suatu dampak yang sangat serius bagi individu maupun lingkungan. Bullying bisa terjadi di lingkungan sekolah, kerja, hingga sosial media.

Penyebab dari bullying itu terjadi karena adanya senioritas, anak kaya pada anak miskin, anak yang memiliki kekuasaan, anak berkebutuhan khusus, kurangnya empati. Kemampuan empati yang rendah terjadi karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman mendalam tentang hati (qalb) sebagai salah satu unsur fitrah manusia dan kebutuhan-kebutuhannya.

Akibatnya, urgensi pemenuhan kebutuhan hati tidak sepenuhnya disadari, sehingga kebutuhan hati tersebut sering terabaikan yang menyebabkan ketidakseimbangan psikis dalam diri manusia, sehingga, korban merasa takut, terintimidasi, hingga menyebabkan kesejahteraan mental terasa terganggu.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: faktualnewsred@gmail.com