Imigrasi Depok Gelar Operasi Jagratara, Sosialisasikan Kewajiban Lapor WNA

Penulis: Arjun
Editor: YN
Jajaran Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Depok melakukan sosialisasi WNA dalam operasi Jagratara. (Foto: ist)

DEPOK, Faktualnews.com – Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Depok melaksanakan Operasi JAGRATARA di wilayah Kota Depok pada Rabu dan Kamis, 21-22 Agustus 2024. Operasi ini bertujuan untuk melakukan pengawasan terhadap orang asing secara serentak, yang diinisiasi langsung oleh Direktorat Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian.

Dalam operasi ini, petugas Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Depok melakukan pengawasan terbuka sekaligus pendataan terhadap wisatawan asing dan tenaga kerja asing (TKA) yang berada di apartemen dan perusahaan yang beroperasi di wilayah Kota Depok.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Depok, Irvan Triansyah, menjelaskan bahwa dalam kegiatan tersebut, selain pengawasan, pihaknya juga melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai kewajiban hotel, penginapan, dan apartemen untuk melaporkan keberadaan wisatawan asing yang menginap atau menyewa unit. Untuk perusahaan, disampaikan juga mengenai peraturan terkait Izin Tinggal bagi Tenaga Kerja Asing yang tinggal dan beraktivitas di wilayah Depok.

“Kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya pelaku usaha, untuk lebih proaktif dalam melaporkan keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah mereka,” ungkap Irvan, dikutip Jumat (23/8/2024).

Bacaan Lainnya

Operasi JAGRATARA, yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada 21-22 Agustus 2024, diawali dengan pengarahan daring dari Direktorat Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian. Irvan menekankan pentingnya menjaga stabilitas keamanan dan melakukan mitigasi risiko selama pelaksanaan operasi ini.

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Depok, Dody Saputra, menambahkan bahwa fungsi utama Imigrasi adalah menjaga keamanan dan kedaulatan negara.

“Kami akan terus berupaya memenuhi tugas dan fungsi kami sesuai dengan amanat Undang-Undang serta koridor Keimigrasian,” ujar Dody.

Dalam Operasi Jagratara yang dilaksanakan di Kota Depok pada 21-22 Agustus tersebut, tidak ditemukan pelanggaran keimigrasian oleh warga negara asing yang tinggal dan beraktivitas di wilayah Depok, tambah Dody.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: faktualnewsred@gmail.com