Stunting dan Kehadiran Negara

Oleh: Omega DR Tahun

Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Negara Republik Indonesia (HUT RI) ke 77 tahun yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2022 menjadi momen penting bagi bangsa ini untuk memaknai perayaan ini tidak hanya sekedar pesta yang dirayakan secara gegap gempita.

Namun, peristiwa ini harus menjadi moment penting bagi seluruh pemimpin bangsa untuk berefleksi dan introspeksi diri atas apa yang telah dilakukan untuk membangun bangsa ini sesuai amanah konsistitusi.

Salah satu amanah konstitusi yang tertuang dalam Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 adalah negara wajib untuk melindungi seluruh bangsa Indonesia dan menjamin kesejahteraan umum.

Para pejuang dan pendahulu bangsa telah rela mengorbankan jiwa dan raga untuk memperjuangkan kemerdekaan demi mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur. 77 tahun yang lalu para founding father bangsa ini telah bersepakat dan merumuskan dengan baik dasar negara dan cita-cita bangsa.

Tugas para pendiri bangsa ini telah usai,yaitu mereka berhasil mengusir para penjajah dan memastikan kemerdekaan penuh bagi bangsa ini, dan mereka juga telah berhasil meletakan pondasi bangsa yang terbukti mampu menyatukan lebih dari 17.000 pulau, 1.340 suku bangsa, dengan latar belakang agama masyarakat yang berbeda-beda.

Harapan para pendiri bangsa pemimpin – pemimpin berikutnya dapat mewujudkan cita-cita untuk membangun masyarakat yang adil dan makmur.

Dan di perayaan HUT kemerdekaan kali ini Kita patut menggugat diri Kita dan para pemimpin Kita, apa yang sudah dilakukan untuk membangun bangsa ini? Apa yang sudah dilakukan untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur?

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: faktualred@gmail.com