Polda Jabar Gelar Operasi Keselamatan Lodaya 2024

Editor: MH

BANDUNG, faktualnews || Polda Jabar dan jajaram Polres di kewilayahan menggelar Operasi Keselamatan Lodaya 2024 sejak tanggal 4 Maret hingga 12 Maret. Operasi itu akan menyasar motor yang memakai knalpot bising hingga mobil yang menyalahi aturan penggunaan lampu strobo atau rotator.

“Kendaraan pribadi yang menggunakan sirine, rotator, atau strobo yang bukan pada peruntukannya (ditindak)” kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Jules A. Abast, didampingi Dirlantas Polda Jabar, Kombes Wibowo, usai kegiatan apel gelar pasukan di Polda Jabar pada Sabtu (2/3).

Operasi Lodaya juga akan menyasar kendaraan yang bentuknya telah diubah sehingga tak sesuai pabrikan serta pengguna kendaraan bermotor yang tak menggunakan helm standar di jalan.

“Lalu, penggunaan helm SNI baik untuk pengendara roda dua ataupun yang dibonceng,” ucapnya.

Bacaan Lainnya

Jules menambahkan, kegiatan operasi tersebut bakal mengedepankan tindakan simpatik dan humanis. Total, terdapat 2.600 personel yang akan dikerahkan dalam kegiatan operasi

“Tentu mengedepankan giat preventif 40 persen, giat preemtif 40 persen, dan giat penegakan hukum 20 persen yaitu dengan menggunakan ETLE statis dan mobile serta blanko teguran,” kata dia.

Melalui operasi tersebut, Jules berharap kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas dapat meningkat dan angka kecelakaan lalu lintas dapat menurun. Dia pun berharap masyarakat dapat turut berperan dalam meningkatkan kepatuhan berlalu lintas.

“Aksi keselamatan di jalan ini merupakan kegiatan terpusat yang telah diperintahkan oleh Korlantas Polri untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terkait keselamatan di jalan,” ujar dia.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: faktualred@gmail.com