PLN Raih Laba Bersih Terbesar Sepanjang Sejarah, Transformasi Menjadi Kunci

JAKARTA, Faktualnews.com – Upaya transformasi yang dijalankan PT PLN (Persero) secara konsisten selama tiga tahun terakhir membuahkan hasil manis. Hal ini terlihat dari raihan laba bersih PLN yang mencapai Rp22,07 triliun pada tahun 2023. Angka ini merupakan keuntungan terbesar dalam sejarah perusahaan dan menjadi hattrick rekor laba bersih berturut-turut sejak 2021.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengungkapkan bahwa pencapaian ini merupakan buah dari komitmen dan kerja keras seluruh insan PLN dalam menjalankan transformasi secara menyeluruh, mulai dari proses bisnis, organisasi, sumber daya manusia, hingga layanan pelanggan.

“Ini adalah hasil dari transformasi yang kami lakukan dengan mengubah cara pandang dalam memberikan layanan kepada pelanggan. Kami tidak lagi hanya berorientasi pada pasokan listrik, tetapi sekarang berorientasi pada demand dan kepuasan pelanggan,” jelas Darmawan.

Transformasi yang dilakukan PLN membawa dampak positif dalam berbagai aspek. Berikut beberapa poin pentingnya:

Bacaan Lainnya

Peningkatan Penjualan Listrik:

– Penjualan listrik PLN mengalami peningkatan sebesar 5,36%, dari 273,76 Terra Watt hour (TWh) pada 2022 menjadi 288,44 TWh pada tahun 2023. Hal ini menghasilkan pendapatan dari penjualan tenaga listrik sebesar Rp333,19 triliun, meningkat Rp22,13 triliun dibandingkan tahun 2022.

– Peningkatan Pendapatan dari Bisnis Non-Ketenagalistrikan: Bisnis beyond kWh, seperti penyediaan energi primer, jasa jaringan telekomunikasi, dan layanan lainnya, berhasil menyumbang pendapatan sebesar Rp10,27 triliun, melonjak 52,57% dibandingkan tahun 2022.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: faktualnewsred@gmail.com