Petani Depok Kagum dengan Transformasi Lahan Tidur Menjadi Lahan Produktif oleh Kodim Depok

Penulis: Arjuna
Editor: RF
Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (tengah) didampingi Dandim 0508/Depok, Kolenel Inf Iman Widhiarto dan Kapolres Metro Depok, Kombes Arya Perdana melounching penanaman bibit bawang jerah di lahan urban farming Kodim Depok. (Foto: ist)

DEPOK, Faktualnews.com – Pardong, seorang petani di Depok, tak bisa menyembunyikan rasa kagumnya melihat transformasi luar biasa lahan tidur menjadi lahan pertanian produktif di Sukmajaya. Perubahan ini merupakan hasil dedikasi dan kerja keras Dandim Depok, Kolonel Inf Iman Widhiarto, dan jajarannya.

“Pertama kali datang ke sini, saya kaget sekali. Dulu lahan ini penuh bebatuan dan semak belukar, terbengkalai begitu saja. Tapi sekarang, lihatlah, luar biasa!” ungkap Pardong saat menghadiri kegiatan komunikasi sosial (komsos) di lahan urban farming Kodim Depok.

Pardong terkesan dengan pengelolaan lahan yang rapi dan sistematis, lengkap dengan bedengan berlapis mulsa plastik, sistem irigasi, dan penggunaan alat berat untuk mengolah tanah.

“Saya yakin prospeknya sangat menjanjikan. Ini keren sekali. Saya yakin program budidaya tanaman hortikultura Kodim Depok ini akan sukses,” imbuhnya penuh optimisme.

Bacaan Lainnya

Lebih dari sekadar kagum, Pardong berharap program ini dapat menginspirasi masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur secara produktif. Ia pun menyatakan ketertarikannya untuk berkolaborasi dengan Kodim Depok dalam pengembangan lahan pertanian, khususnya di Tapos.

“Mudah-mudahan ini menjadi contoh dan motivasi bagi kita semua, bahwa lahan tidur yang dikelola dengan tepat, Insya Allah akan menghasilkan panen yang berlimpah,” tutur Pardong.

Sebagai sesama petani, Pardong mengajak rekan-rekannya untuk belajar dari contoh yang sudah ada dan mengelola lahan pertanian dengan serius dan penuh dedikasi.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: faktualnewsred@gmail.com