Panglima TNI Hadiri Sertijab US Indopacom Commander di Hawaii, AS

Penulis: YN
Editor: PRM
Dok.Puspen TNI
Dok.Puspen TNI

JAKARTA, faktualnews.com – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri upacara serah terima jabatan Komandan US INDOPACOM dari Laksamana John Aquilino kepada Laksamana Samuel J. Paparo Jr dengan inspektur upacara Menteri Pertahanan AS Lloyd J Austin III di Pangkalan US Indopacom, Joint Pearl Harbour-Hickam, Hawaii, AS, Jumat (03/05/2024).

Kehadiran Agus Subiyanto pada acara tersebut menjadi salah satu bentuk komitmen dalam meningkatkan hubungan kerjasama antara TNI dan militer AS yang telah ditandatangani oleh kedua Menteri Pertahanan dalam Defense Cooperation Arrangement pada bulan November 2023 lalu.

Dok.Puspen TNI
Dok.Puspen TNI

Dalam sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Menteri Pertahanan Austin, Laksamana Aquilino maupun Laksamana Paparo disebutkan bahwa kerjasama dengan negara-negara partner di kawasan Indo-Pasifik merupakan bagian paling utama dalam keberhasilan tugas menjaga stabilitas kawasan, khususnya dalam menjamin “free and open Indo Pacific” area. Salah satu capaian terbaik US Indopacom dalam menjamin stabilitas kawasan adalah dilaksanakannya latihan gabungan Garuda Shield dengan Indonesia dan negara-negara lain yang dapat menyelaraskan kepentingan bersama di kawasan.

Agus Subiyanto berkesempatan bertemu dengan pejabat lama dan baru sebagai partner kerja langsung dalam kerjasama bilateral antara TNI dan Angkatan Bersenjata AS. Dalam percakapan singkatnya, Laksamana Aquilino dan Laksamana Paparo mengungkapkan ucapan bangga dan terimakasih atas kehadiran dan kerjasama yang terjalin selama ini serta berharap akan makin erat dan meningkatnya kerjasama di segala bidang di masa mendatang.

Bacaan Lainnya

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: faktualred@gmail.com