Panglima Divisi Infanteri 3 Kostrad dan Forkopimda Sulsel Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila

Penulis: YN
Editor: APB
dok.Penkostrad.
dok.Penkostrad.

JAKARTA, faktualnews.com – Panglima Divisi Infanteri 3 Kostrad, Mayjen TNI Bangun Nawoko, bersama seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulawesi Selatan menghadiri upacara Hari Lahir Pancasila yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan di Rumah Gubernur Sulsel, Sabtu (01/6/2024).

Upacara peringatan tersebut dipimpin oleh Penjabat (Pj.) Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakrulloh, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Dalam upacara ini, Zudan Arif Fakrulloh membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Yudian Wahyudi.

Zudan Arif juga mengingatkan kembali akan pentingnya peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni.

“Pada hari ini, 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila, hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK),” ujar Zudan Ari.

Tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.” Tema ini, menurut Zudan Arif mengandung makna bahwa Pancasila menyatukan bangsa Indonesia dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

“Pada momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak seluruh komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tandas Zudan Arif.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: faktualnewsred@gmail.com