Hari Kesiapsiagaan Bencana Provinsi DKI Jakarta Digelar di Kawasan Wisata Kota Tua

Penulis: WS
Editor: MH

JAKARTA, faktualnews – Setiap tanggal 26 April, diperingati sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB). Khusus untuk di Provinsi DKI Jakarta, kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024, di gelar di Kawasan Wisata Kota Tua, Jakarta Kota.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Lukman Aziz dari Indoesia Care, bahwa kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun 2024 ini akan di gelar di Kawasan Kota Tua.

“Teman-teman komunitas relawan yang tergabung dalam Squad Penanggulangan Bencana Indonesia (Squad PBI) dengan didukung BNPB, Pemprov DKI Jakarta melalui OPD terkait, BPBD Prov.DKI Jakarta, Basarnas, Korpolairud, Yayasan Kota Tua, Indonesia TIC, serta lembaga-lembaga yang tergabung dalam Squad PBI, akan menggelar kegiatan dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024 di Kawasan Kota Tua, Jakarta Kota,”jelas Lumkan Aziz.

Adapun rangkaian kegiatannya, lanjut Lukman, akan dilaksanakan dari tanggal 26 s.d 27 April 2024, dengan berbagai rangkaian acara ; khusus pada hari/tanggal, Jumat, 26 April pukul 10.00 WIB, sebagai puncak Hari Kesiapsiagaan Bencana, akan ditandai dengan pemukulan Kentongan dan Sirine secara serentak, dilanjutkan dengan Simulasi dan Evakuasi Mandiri.

Bacaan Lainnya

Selain itu juga, digelar HKB Expo – pameran peralatan dan perlengkapan teknologi yang di miliki instansi, badan, lembaga/organisasi dan semua elemen terkait penanggulangan bencana. Juga ada Edukasi Kesiapsiagaan Bencana yang di ikuti oleh siswa/siswi SMA, Para Pelaku Usaha pariwisata dan Masyarakat Umum.

“Kawasan Wisata Kota Tua, Jakarta Kota dipilih sebagai lokasi peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2024 untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta, mengingat kompleksitas risiko yang dimilikinya. Dan menurut para ahli geologi keberadaan Sesar Baribis yang disebut-sebut sebagai ancaman besar bagi Kota Jakarta, harus kita antisipasi bersama,”jelas Ketua Panitia, Lukman Azis.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: faktualred@gmail.com